Pengembangan Virtual Tour 360° sebagai Media Promosi Sekolah

Authors

  • Hardika Dwi Hermawan Universitas Muhammadiyah Surakarta Author
  • Fanny Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta Author

Keywords:

virtual tour, media promosi, mdlc

Abstract

SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, sebagai salah satu lembaga pendidikan di Surakarta, menghadapi tantangan dalam menyediakan informasi yang memadai terkait fasilitas dan keunggulannya. Situasi pandemi dan kekurangan tenaga IT di sekolah telah menyebabkan kekurangan informasi yang dapat diakses oleh calon siswa baru, menghambat pemahaman mereka terhadap fasilitas, dan keunggulan SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi berupa media virtual tour sebagai solusi untuk meningkatkan informasi terkait sekolah tersebut. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah MDLC, terdiri dari enam tahap: 1) konsep, 2) desain, 3) pengumpulan materi, 4) penyusunan dan pembuatan, 5) pengujian, dan 6) distribusi. Pengujian dilakukan 
menggunakan metode Blackbox, melibatkan evaluasi terhadap media, materi, dan pengguna. Hasil penelitian ini adalah virtual tour 360 yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengenalan dan promosi sekolah dengan skor pengujian materi dinyatakan valid dan pengujian media 65% dalam kategori layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Virtual Tour 360° sebagai Media Promosi Sekolah. (2025). Journal of Talent and Innovation, 1(01), 48-64. https://journals.edutalent.id/index.php/TALENOVA/article/view/4